Loading...
 

PERSIAPAN MENGHADAPI EVENT TAEKWONDO BHAYANGKARA PRESISI II PIALA KAPOLDA DIY,DOJANG PERTAMINA FOKUS PEMBENTUKAN ATTITUDE ATLET


Fokus Pada Pembentukan Attitude para Atlet, Dojang Pertamina Kupang gelar Pemusatan Latihan (TC) dalam rangka hadapi event Taekwondo Bhayangkara Presisi II PIALA KAPOLDA Daerah Istimewa Yogyakarta,yang akan digelar pada tanggal 21 - 23 Juni 2024 di GOR Amongraga Universitas Negeri Yogyakarta.

Hal tersebut diungkap Sabeum Tasya Rissi (Pelatih Kepala Dojang Pertamina Kupang) disela latihan resmi Dojang Pertamina Kupang, Sabtu, (25/05/2024) dilapangan Tenis Outdoor PT. Pertamina Patra Niaga NTT yang terletak di Belakang Kantor PT. Jasa Raharja Jalan W.J. Lalamentik Kelurahan Oebobo, Kecamatan Oebobo Kota Kupang.

Menurut Sabeum Tasya, Dojang Pertamina telah memulai Pemusatan Latihan (TC) dalam rangka  menghadapi Event Taekwondo Bhayangkara Presisi 2 Polda DIY sejak hari Rabu, (01/05/2024), selain latihan fisik dan latihan Teknik Taekwondo, para Atlet Dojang Pertamina Kupang lebih difokuskan pada pembentukan Attitude, karna dengan attitude yang baik diharapkan para Atlet benar benar mencintai olahraga Taekwondo hingga akhirnya mempunyai sikap yang bersemangat, berdisiplin, menghargai orang tua dan pelatih dan sesama, hingga akhirnya apabila dapat meraih prestasi tidak berpuas diri, namun tetap tekun dalam berlatih, ungkap Sabeum Tasya.

ket foto: Sabeum memberi arahan usai melaksanakan TC

Lebih jauh Sabeum Tasya menerangkan bahwa kenapa Attitude menjadi Fokus Utama Pelatihan Dojang Pertamina, karna saat ini para Atlet yang ada mayoritas merupakan pelajar yang sedang menempuh pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan atas, yang pastinya Pendidikan sekolah adalah Prioritas Utama Pelatih, Orang Tua dan Atlet.

ket Foto : TC disela kegitan latihan tetap

"Kita TC tiap hari, tentu saja ini butuh komitmen dari orang tua dan atlet bila ingin para atlet meraih prestasi, sudah pasti kita tidak mungkin ganggu waktu belajar, waktu sekolah atlet, tapi setelah sekolah, diharapkan orang tua dan atlet memperhatikan waktu istirahat, makanan yang kalau bisa diperhatikan asupan gizi, karna waktunya mepet sekali antara jam pulang sekolah dan waktu pelaksanaan TC, kita para pelatih diharapkan agar mampu tingkatkan stamina, fisik dan teknik atlet, tapi kalau datang TC saja sudah loyo, tidak tidur, tidak makan (tolong Di garis bawahi ya) tidak makan bukan karena tidak punya makanan, tapi Atlet ini kan anak-anak yang jiwanya masih jiwa bermain, pulang sekolah tidak makan, tidak tidur malah asik bermain dengan teman, dengan HP, malah ada yang 3 hari ikut TC terus 3 hari hilang tidak datang TC, bagaimana kita mau tingkatkan stamina dan tehnik para atlet, beber Sabeum Tasya Rissi yang pernah mengharumkan Taekwondo NTT pada masanya saat mengikuti beberapa event seperti Kejurnas Bandung 2005, Kejurnas LG Cup Jakarta 2005, Kejurnas Ambasador Jakarta 2006, Kejurnas Junior se-Indonesia Surabaya 2006, PON 2008, Indonesia Open 2009, Kejurnas Malang 2010 dan atas prestasi yang di raih pada Tahun 2009 Sabeum Tasya dinyatakan Lulus PNS lewat jalur Prestasi Olahraga Taekwondo dan sekarang mengabdi pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi NTT.

Seperti yang dilansir dari pemberitaan detikjabar.com dalam artikel yang ditulis oleh Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang, Attitude adalah sikap terhadap objek tertentu dan seringkali disertai dengan tindakan. Dalam bahasa Indonesia, attitude sering diartikan sebagai sikap.

Kita semua pasti memiliki attitude atau sikap terhadap suatu hal dalam kehidupan sehari-hari. Ada attitude yang baik, ada pula yang buruk. Simak penjelasan attitude secara lengkap di bawah ini.

Tingkatan Attitude dalam Penerapannya

Setiap manusia pasti menunjukkan attitude. Tetapi ada tingkatan yang berbeda-beda. Hal ini dipelajari oleh para ahli dan dikenal dengan istilah taksonomi.

Salah satu ahli yang melakukan studi terhadap tingkatan attitude atau sikap adalah David R Krathwohl. Mengutip Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Amikom Purwokerto, Krathwohl membagi tingkatan ranah afektif atau attitude ke dalam lima bagian.

1. Penerimaan (Receiving/Attending)

2. Tanggapan (Responding)

3. Penghargaan (Valuing)

4. Organisasi (Organization)

5. Karakteristik Berdasarkan Nilai-nilai


Selain memiliki tingkatan, attitude juga memiliki karakteristik. Mari pelajari apa saja karakteristik attitude menurut pakar.


Karakteristik Attitude

Psikolog Muzafer Sherif merumuskan karakteristik attitude dari hasil studinya. Dalam bukunya yang berjudul Psychology of Ego Involvements Social Attitudes, Sherif menyebutkan setidaknya ada 5 karakteristik attitude.


1. Tidak Dibawa Sejak Lahir

2. Bisa Berubah-ubah

3. Tidak Berdiri Sendiri

4. Pengaruh Sosial

5. Ada Motivasi


Manfaat Attitude dalam Kehidupan

Attitude atau sikap tak bisa dipisahkan atau dihilangkan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Attitude sendiri memiliki beberapa manfaat.


1. Mampu Menerima Kritik

2. Menghargai Waktu 

3. Menghormati Rekan/Teman

4. Berkomitmen pada Kegiatan


Faktor-faktor Pembentukan Attitude

Menurut Bimo Walgito dalam Psikologi Sosial, attitude ditentukan oleh dua faktor.


1. Faktor Internal

Faktor yang datang dari dalam diri individu, yakni cara individu menanggapi dunia luar. Hal ini memungkinkan seseorang memilah-milah apa yang akan diterima dan disikapi.


2. Faktor Eksternal

Faktor yang datang dari luar, yakni keadaan di luar individu dan berperan sebagai stimulus sehingga individu menunjukkan atau mengubah sikap.


Komponen Pembentukan Attitude

Psikolog Amerika Gordon Allport, dikutip oleh Saifuddin Azwar, membagi komponen attitude atau sikap menjadi 3 komponen, yakni:

Kepercayaan atau keyakinan, ide, dan konsep terhadap suatu konsep.

Kehidupan emosional atau evaluasi terhadap suatu objek.

Kecenderungan untuk bertindak.

Ketiga komponen tersebut membentuk sikap utuh atau dikenal dengan istilah total attitude.


Cara Menerapkan Attitude


1. Tunjukkan Attitude dengan Tujuan

2. Bertindak Tanpa Mengharapkan Hasil Sesuai Harapan

3. Lampaui Batas Setiap Hari

4. Dekat dengan Orang yang Memiliki Attitude Positif

5. Menyikapi Kegagalan dengan Bijak

6. Maklumi Batas Orang Lain

7. Tidak Mudah Tersinggung

8. Berterima Kasih


Contoh Attitude yang Baik dalam Kehidupan Sehari-hari

Menyambung dari cara menerapkan attitude yang baik, berikut contoh attitude yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti dikutip dari When In Work.


1. Berbahasa yang Baik

2. Menciptakan Rutinitas

3. Bersikap Sopan dan Ramah pada Siapa Pun

4. Ciptakan Sikap Positif dari Diri Sendiri

5. Kurangi Mengeluh


CONTOH NYATA ATTITUDE YANG TELAH DI TERAPKAN DI LINGKUNGAN DOJANG PERTAMINA 


1.IBADAH SHOLAT MAGRIB BERJAMAAH

Dalam Kegiata latihan rutin  dan TC di dojang pertamina,pada saat waktu Adzan Magrib berkumandang maka Atlet yang wajib menjalankan Ibadah Sholat Magrib di berikan waktu,ruang dan kesempatan.


ket foto : Ibadah Sholat Magrib 


2.DOJANG PERTAMINA BERBAGI KASIH

Disela-sela TC rutin yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Mei 2024,Dojang Pertamina Juga merayakan hari jadinya yang pertama yang dirayakan dengan melaksanakan Aksi DOJANG PERTAMINA BERBAGI KASIH BERSAMA ANAK-ANAK PANTI ASUHAN,Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen yang ada di Dojang Pertamina,baik Pengurus,Pelatih,Orang Tua dan Atlet,ada 3 rumah Panti Asuhan Yang dikunjungi sekaligus memberikan Bantuan sumbangan yang dikumpulkan dari para atlet dojang pertamina,sumbangan itu berbentuk Beras,Pakaian,Buku dan Alat Tulis,Mie Instan,Telur,Gula dll.

ket foto : Dojang Pertamina Berbagi Kasih


3 Panti Asuhan ini Mewakili 3 Pelatih Dojang Pertamina dan Keragaman Atlet yang ada di Dojang pertamina Seperti yang di katakan oleh Ketua Dojang Pertamina Tommy Jacob.SH.

ke 3 panti asuhan itu adalah:


1.PANTI ASUHAN KATOLIK SONAF MANEKA 


ket foto : Penyerahan Bantuan Kepada Pengurus panti asuhan Katolik


2.PANTI ASUHAN MUSLIM AISYIYAH


ket Foto :Penyerahan Bantuan kepada Pengurus Panti Asuhan Muslim


3.PANTI ASUHAN KRISTEN KASIH AGAPE

ket Foto : Penyerahan bantuan kepada pengurus Panti asuhan Kristen


Dengan apa yang telah dilaksakan baik dalam latihan di lingkunan dojang maupun lingkungan sosial Sabeum Tasya Rissi berharap dengan Attitude yang baik, dari Para Pelatih, Pengurus, Orang Tua dan Atlet, Dojang Pertamina Taekwondo Club Kota Kupang yang saat ini menjadi salah satu Dojang Taekwondo dengan jumlah Atlet terbanyak di kota Kupang, dapat terus meraih prestasi gemilang bukan hanya untuk Taekwondo kota kupang saja, namun juga untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Negara Republik Indonesia. 







Artikel

Ragam Artikel

UKT DOJANG PERTAMINA
2024-03-27 Admin

09 DESEMBER 2023

UKT DOJANG PERTAMINA PRIODE I TAHUN 2024
2024-03-27 Admin

23 MARET 2024

CAMPING BINA AKRAB
2024-03-27 Admin

DOJANG PERTAMINA

AKUN MEDIA SOSIAL DOJANG PERTAMINA
2024-03-28 Admin

PERTAMINA TAEKWONDO CLUB

KEIZA TIMO BEST PLAYER SENIOR PUTRI
2024-03-30 Admin

UNDER 46 PUTRI

DOJANG PERTAMINA BERBAGI KASIH
2024-05-16 Admin

PERTAMINA TAEKWONDO CLUB

PERSIAPAN MENGHADAPI EVENT TAEKWONDO BHAYANGKARA PRESISI II PIALA KAPOLDA DIY,DOJANG PERTAMINA FOKUS PEMBENTUKAN ATTITUDE ATLET
2024-05-26 Admin

PERTAMINA TAEKWONDO CLUB

Consultation Now